Kamis, 04 Oktober 2012

EUR/JPY tembus MA 200

Jakarta, Strategydesk - EUR/JPY rally, menyentuh level terendah dalam dua minggu terakhir menjelang keputusan suku bunga ECB dan hasil lelang obligasi Spanyol.
ECB diperkirakan akan mempertahankan suku bunga untuk memberi waktu detil mengenai ekonomi zona euro dan Spanyol meminta bailout. Sampai saat ini Spanyol belum juga minta bailout, maka ECB belum bertindak. Sekarang timbul pertanyaan, apa lagi yang harus dilakukan ECB? Terlalu banyak pertanyaan yang belum terjawab mengenai program pembelian obligasi ECB yang baru diumumkannya, disebut Outright Monetary Transactions (OMT).
Juga menjadi fokus lelang obligasi Spanyol, dengan target dana 4 miliar euro melalui penjualan obligasi tenor dua, tiga, dan lima tahun. Hasil lelang ini dapat memberi gambaran akan persepsi investor mengenai Spanyol. Ketidakpastian kapan Spanyol mengajukan bailout membuat penguatan euro terhambat.
Pada jam EUR/JPY Setelah periode konsolidasi di 101,60, pair ini menanjak dan sempat menembus Moving Average (200 hari) di 101,70, yang juga merupakan 50% Fibonacci Retracement dari kejatuhan 17-27 September. Pair ini juga menembus garis tengah Bollinger Bands (14 hari) yang ada di 101,22, menambah indikasi bullish. RSI (14 hari) memperlihatkan kenaikan ke 62 dari 59 kemarin.  Stochastic (14,3,3) juga menaik, berada di 24, terus menjauhi titik oversold di 20. Bila ditutup di atas 101,70, target selanjutnya adalah 102,20 atau 61,8% retracement. Support ada di 100,60 atau 38,2% retracement.
Besok, pair ini dapat dipengaruhi oleh hasil rapat reguler BOJ, yang terus didesak untuk bertindak meredam apresiasi yen. BOJ diperkirakan tidak akan mengumumkan keputusan baru besok, tapi analis melihat kemungkinan mempertimbangkan pelonggaran lagi pada 30 Oktober.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar